Google Wave Aplikasi Kolaborasi dan Sharing

Setelah mempunyai kesempatan mencoba Google Wave (gowe), ada beberapa kelebihan aplikasi ini yang merupakan pengalaman baru dalam dunia internet. Gowe kalau sekilas tidak ubahnya sebuah email tetapi email ini (wave) tidak hanya berisikan teks dan attachment tetapi bisa berupa aplikasi yang bisa jalan di dalamnya, misalnya ada aplikasi pooling atau survei online, kita tidak perlu buka web baru, cukup di body wave ini. Saya mendapatkan kesempatan mengundang 8 teman untuk mencoba wave juga, ternyata form untuk invite ada di inbox wave, disitu tersedia textbox kecil untuk mengisi email teman kita. Setelah kita invite dengan memasukan email teman, wave tersebut otomatis berubah isinya yaitu ada counter sisa undangan dan list email yang kita undang.
Saya juga mencoba fasilitas chating yang merupakan kekuatan wave karena memang wave dibangun sebagai media kolaborasi dan sharing real time. Ternyata fasilitas chating mirip sekali dengan chat di Skype. Dimana huruf per huruf yang teman ketik akan langsung terlihat di wave kita dan tentunya kebalikannya juga. Ini jelas mempunyai nilai lebih dibanding chating di YM, Gmail atau Facebook, karena selain unik juga memperlihatkan bahwa ini benar-benar real time sesuai slogan Gowe.


Wave sendiri tidak sekedar email saja, tetapi bisa merupakan seolah-olah seperti group atau page di facebook. Kita sangat mudah membuat sebuah wave yang menarik dan waver lain bisa follow wave yang kita buat. Kalau di Twitter kita bisa diskusi dengan twitter lain dengan membuat treading topics yang umumnya di beri awalam #kata, jika ingin terlibat dalam diskusi tersebut setiap twit harus disertakan #kata tersebut. Di Gowe jelas lebih flexsible, kita bisa ikuti sebuah (banyak) wave yang merupakan media diskusi, grup hobby, grup sekantor , grup alumni atau yang lain sehingga ini benar-benar sebuah bentuk media kolaborasi yang berbeda dengan aplikasi internet lainnya.
Komunitas wave sudah cukup banyak, jika ingin melihat komunitas orang indonesia coba saya search “with:public Indonesia” langsung akan muncul wave-wave yang berhubungan dengan Indonesia.
Saat ini Google Wave masih versi preview, dan google membuka kesempatan kepada penggunanya untuk membangun aplikasi-aplikasi yang bisa di tambahkan oleh waver kedalam setiap wave-nya. Untuk urusan ini sepertinya google ingin meneruskan jejak sukses mozilla firefox dimana aplikasi tambahan bisa dicreate oleh usernya. Sepertinya Gowe akan menjadi idola pengguna internet masa depan.

Subscribe to receive free email updates: