Ide Kreatif Tentang E-PAUD Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Anak Anak Abah
Lagi-lagi saya iseng untuk mengirimkan lagi ide dalam ajang Creative Solution Awards minggu 1 yang mengambil tema Desa Pinter (Punya Internet) yang intinya untuk memberikan nilai tambah untuk desa jika jaringan internetnya terpasang. Ide pertama saya tentang Sosialisasi Kunci Keberhasilan Desa Pinter yang mendapatkan banyak dukungan, memberikan inspirasi saya untuk mencoba membuat ide tentang pendidikan anak usia dini dihubungkan dengan teknologi berbasis internet. Idenya sebagai berikut:
Latar Belakang

Pendidikan  anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan yang ditujukan untuk anak sejak lahir sampai usia 6 tahun untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan berikutnya. Titik berat pendidikan kepada pertumbuhan dan perkembangan fisik, kecerdasan, emosi, bahasa dan komunikasi.
PAUD saat ini menjamur sampai pelosok pedesaan dengan dukungan oleh Pemerintah, sehingga banyak sekali pengajar yang harus disediakan. Tetapi SDM di daerah sepertinya kurang mendukung dengan PAUD ini sehingga perlu ada upaya terobasan meningkatkan kualitas guru pengajar.
Lingkup permasalahan
Keberadaan PAUD atau Pos PAUD di tiap desa/kelurahan sangatlah memprihatinkan jika dilihat dari aspek sarana prasarana yang ala kadarnya (yang penting jalan) dan kualitas guru yang rendah dimana hampir 90% pendidikan SMA. Sangat dibutuhkan tenaga pengajar yang lebih memahami tentang anak, teknik mengajar yang tepat, teknik bermain, hingga bagaimana cara mengatasi jika ada persoalan yang muncul. Potensi anak usia dini akan lebih optimal jika mendapatkan rangsangan yang tepat.
Solusi
Dari keterbatasan desa/kelurahan dalam menyediakan sarana pendidikan dan guru pengajar dengan kualitas baik, maka dibutuhkan terobosan dengan memanfaatkan potensi di desa. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet di Desa Pinter.
Dengan jaringan internet yang masuk ke desa, maka bisa digunakan untuk memperbaiki mutu teknik pengajaran anak usia dini bagi pengajar yang sudah ada, sekaligus memberikan pendidikan tambahan yang bermutu bagi anak-anak usia dini siswa PAUD.
Pemerintah lewat Depdiknas bisa membuat E-PAUD yang berupa E-Learning tayangan (audio visual) pengajaran anak-anak usia dini yang disusun dari pakar anak-anak yang memang sudah ahli di bidangnya.
Dengan melakukan Video Conference, tayangan E-PAUD ini bisa ditampilkan di pos-pos PAUD desa atau di tempat lain dengan jadwal yang sudah disepakati untuk tambahan pembelajaran bagi anak sekaligus bagi pengajar.
[ide lengkap]
“Dukung ide ini dengan kirim SMS Ketik CSAIDEA <spasi> 40 Kirim ke 9779, Terima Kasih”

Subscribe to receive free email updates: